My Stick Family from WiddlyTinks.com
foot step: ASI

Monday, August 07, 2006

ASI

ada artikel singkat tp bagus juga jd penyemangat buat ASi eksklusif, dah lama banget sih, tp sapa tau ada yang blom baca...Cocok banget buat calon ibu ( Upi??)


Kesehatan Ibu-Anak
Jadikan ASI Eksklusif sebagai Gaya Hidup Keluarga

Jakarta, Kompas - Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif selama enam bulan merupakan langkah awal pemberian makanan bagi bayi baru lahir. Sebab, ASI merupakan nutrisi alamiah yang mampu melindungi tubuh dari infeksi dan alergi.
"Sayangnya, pemberian ASI eksklusif ini belum jadi gaya hidup keluarga di berbagai lapisan masyarakat. Padahal, menyusui merupakan cara terbaik dan paling ideal dalam pemberian makanan bayi baru lahir dan bagian tak terpisahkan dari proses reproduksi," kata Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia DKI Jakarta (IDAI Jaya) dr Badriul Hegar SpA (K), Rabu (29/3), di Jakarta.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, pemberian ASI pertama kali dilakukan dalam satu jam pertama setelah bayi lahir. ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa tambahan makanan dan minuman apa pun, termasuk air putih. Menyusui dilakukan sesuai keinginan bayi sesering mungkin, serta diupayakan menghindari penggunaan botol.
Hal ini disebabkan ASI merupakan nutrisi alamiah terbaik bagi bayi, mengandung kebutuhan energi dan zat yang dibutuhkan bayi selama enam bulan pertama. ASI juga mengoptimalkan perkembangan sensorik dan kognitif, melindungi bayi dari berbagai infeksi maupun penyakit kronis. "ASI merupakan makanan sempurna, mudah dicerna dan lebih murah daripada susu formula," kata Badriul.
Selain itu, ASI bermanfaat bagi kesehatan ibu, di antaranya mengurangi risiko terkena kanker rahim dan payudara. Proses menyusui juga mempererat ikatan batin dan perkembangan, mencegah kehamilan dan menjaga kesehatan ibu.
"Hubungan ibu dan bayi lebih erat dan penuh kasih sayang. Ibu akan merasa lebih bahagia, berperilaku lebih peka dan lebih jarang menyiksa bayi," tuturnya.
Agar pemberian ASI menjadi gaya hidup dan budaya keluarga, IDAI Jaya akan melakukan sosialisasi informasi ilmu pengetahuan dan manfaat ASI bagi para ibu hamil dan menyusui. (EVY)